Inilah Beberapa Tips Memilih TV LED yang Baik dan Tahan Lama

TV LED merupakan salah satu pilihan jenis televisi yang belakangan menjadi primadona di Indonesia. Hal ini disebabkan karena memang selain memiliki desain yang bagus dan menawan hingga elegant ketika di letakkan di beberapa sudut rumah, namun juga jenis televisi LED ini sendiri mampu memberikan pengalaman menonton tv yang lebih baik dari jenis tv lainnya, serta mampu lebih hemat dalam penggunaan listriknya. Bahkan untuk beberapa jenis televisi berjenis LED sendiri sudah diberikan predikat sebagai tv pintar karena mampu terhubung dengan koneksi internet hingga mampu digunakan untuk mengakses hiburan langsung dari internet dan media bebasis koneksi lainnya.

Dengan berbagai keunggulan di atas, TV LED pun diberikan harga yang mahal dan termasuk ke dalam kategori barang yang bisa dianggap mewah. Hal ini tentu mewajibkan kita untuk bisa memilih TV LED mana yang cocok dan sesuai untuk dibeli hingga lebih awet untuk digunakan sehari-hari untuk menonton tv di rumah anda. Jangan sampai salah memilih hingga membuat tv anda cepat rusak dan hanya menjadi pajangan di sudut rumah anda saja.

Untuk anda yang penasaran mengenai bagaimana cara memilih TV LED yang baik dan tahan lama saat digunakan? Berikut adalah berbagai tips yang harus anda ikuti :

Kenali Karakteristik TV LED

Banyak orang beranggapan bahwa TV LED memiliki bentuk yang tipis. Hal ini jelas merupakan anggapan yang salah, karena pada dasarnya tidak semua televisi berjenis LED. Dimana yang memiliki bentuk tipis sendiri ada 3 macam yakni TV LCD, TV Plasma dan terakir baru TV LED. Adapun yang dimaksud dengan TV LED sendiri adalah TV LCD yang disertai dengan LED Lamp yang nantinya akan membuat pemakaian listrik dan tenaganya menjadi lebih hemat dari biasanya.

Hemat Energi

Dibandingkan TV LCD, TV Plasma, atau bahkan TV Tabung biasa, TV LED jauh lebih hemat penggunaan listriknya. Hal ini sebenarnya tak lain adalah karena teknologi LED Lamp yang ditanamkan pada televisi yang satu ini hingga besar penggunaan listriknya hanya mencapai 40 persen saja dari penggunaan TV LCD. Meski demikian, perlu anda perhatikan label yang menyertai TV LED yang ingin anda beli dalam hal ini terlebih dahulu.

Garansi Harus Ada

Salah satu keharusan ketika anda ingin membeli barang-barang elektronik termasuk juga untuk membeli TV LED adalah adanya kartu garansi yang menyertainya. Dimana hal ini merupakan salah satu jaminan dari pihak pembuat TV LED tersebut akan kualitas dari produk yang mereka jual. Kemudian juga perlu diperhatikan bahwa garansi yang diminta dalam hal ini bukan hanya sebatas tulisan berupa tag line biasa, namun juga disertai dengan berbagai dokumen sah yang nantiya dapat anda pergunakan unttuk melakukan klaim jika suatu saat barang yang anda beli rusak.

Ratio Contrast

Yang dimaksud dengan ration contrast sendiri merupakan ukuran kemampuan TV dalam menampilkan gambar dengan tingkat kecerahan dari mulai yang paling rendah hingga yang paling terang dalam satu waktu. Dalam hal ini pilih yang rationya paling panjang karena semakin panjang maka kualitas gambar yang ditampilkan pun dipastikan akan semakin bagus.

Perhatikan Half Life

Half life (paruh hidup) adalah kemampuan televisi dalam menciptakan brightness hingga 50 persen dari kemampuan yang ada pada televisi tersebut berapa rentang watunya. Dimana informasi ini biasanya terdapat pada bungkus dari TV LED itu sendiri. Adapun yang terbaik adalah yang memiliki rentang waktu paling lama dibandingkan yang lainnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.