Binatang Khas Indonesia Yang Wajib Diketahui Dan Dilindungi Keberadaannya

Indonesia tidak hanya menarik karena keindahan alam dan keanekaragaman budayanya saja, sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki lebih dari 17000 pulau yang menyimpan beragam flora dan fauna yang menakjubkan. Untuk mengunjungi berbagai pulau yang ada Indonesia, bisa cek daftar harga tiket pesawat Lion Air untuk mengantarkan kamu mengunjungi berbagai pulau tersebut.

Salah satu yang menarik tentang Indonesia adalah faunanya yang sangat khas dan hanya bisa ditemui di tanah Indonesia saja, lalu binatang atau fauna apa sajakah yang ada di Indonesia?

  • Harimau Jawa

Harimau Jawa merupakan salah satu binatang khas yang ada di Indonesia. Binatang yang memiliki nama Latin Panthera Tigris Sondaica merupakan binatang endemik pulau Jawa. Harimau Jawa memiliki tubuh kecil jika dibandingkan jenis harimau lainnya. Harimau Jawa biasa menghuni huran-hutan daratan rendah dan hutan-hutan belukar. Sayangnya, tahun 1980 binatang ini dinyatakan punah akibat dari perburuan liar dan juga rusaknya habitat alami hewan ini.

  • Orang Utan

Luasnya hutan di Indonesia, menjadi habitat untuk berbagai jenis hewan, salah satunya yaitu orang utan. Orang utan merupakan salah satu jenis primata yang bisa ditemukan di hutan Indonesia khususnya hutan Kalimantan. Hewan ini memiliki ciri tubuh yang besar dengan lengan yang panjang serta bulu-bulu panjang yang berwarna coklat.

Saat ini keberadaan orang utan di alam liar sudah sangat memprihatinkan. Orang utan sering dianggap sebagai hama karena sering merusak ladang sawit milik warga sehingga mereka diburu dan bunuh. Sebenarnya masuknya orang utan ke permukiman dan ladang juga karena rusaknya habitat alami mereka akibat ulah manusia.

  • Kera Tarsius

Kera Tarsius merupakan spesies primata paling kecil di dunia. Panjang tubuhnya hanya sekitar 12 sampai 15 cm. Hewan ini merupakan hewan endemik Indonesia yang berhabitat di hutan Bangka Belitung. Oleh penduduk setempat, kera kecil ini dijuluki dengan Mentilin. Kera Tarsius memiliki mata yang sangat besar sehingga sekilas mirip dengan burung hantu.

Walaupun memiliki mata yang besar, kera tarsius tidak dapat beraktifitas pada siang hari. Hal ini karena tarsius  termasuk ke dalam golongan hewan lopturnal sehingga ia lebih aktif pada malam hari. Banyak hotel seharga hotel Oxville Padang di wilayah Bangka yang bisa dijadikan tempat penginapan jika ingin mengunjungi hutan di wilayah ini, dengan fasilitas yang terbilang lengkap.

  • Badak Jawa

Sejak masih duduk di sekolah dasar, kamu pasti sudah sering mendengar nama badak bercula satu. Ya, badak bercula satu atau yang memiliki nama lain badak Jawa merupakan salah satu jenis hewan khas Indonesia. Habitat badak ini berada di Taman Nasional Ujung Kulon Jawa Tengah.

Keberadaan hewan badak Jawa semakin hari semakin memprihatinkan. Banyaknya perburuan liar yang mengincar culanya, membuat badak ini berada di ambang kepunahan. Menurut data Penangkaran Ujung Kulon, jumlah badak ini di alam liar hanya tinggal puluhan saja sehingga harus segera dilakukan penangangan lebih lanjut.

  • Komodo

Satu lagi hewan yang hanya bisa ditemukan di Indonesia adalah Komodo. Komodo merupakan spesies kadal terbesar yang pernah di ada di dunia ini. Hewan ini berhabit di Pulau Komodo, Nusa Tenggara. Komodo merupakan hewan karnivora yang membunuh mangsanya dengan gigitannya yang beracun. Air liur hewan ini mengandung jutaan bacteri mematikan yang apabila masuk ke pembuluh darah, maka mangsanya tersebut akan mati secara perlahan.

Di alam liar jumlah komodo sekitar 1300 ekor yang tersebar di pulau-pulau di Nusa Tenggara seperti pulau Flores, Rinca, Gili Montang dan Gili Dasami. Hewan ini mampu tumbuh sepanjang 3 meter dengan berat mencapai 70 kilogram. Saat ini pulau komodo telah masuk ke dalam situs warisan budaya UNESCO. Untuk bisa melihat hewan langka ini kamu bisa berkunjung langsung ke pulau komodo, cek daftar harga tiket pesawat Lion Air menuju kepulauan ini yang bisa dilakukan secara online.

  • Jalak Bali

Jalak bali atau Leucopsar rothschildi merupakan burung endemic Indonesia yang hanya bisa ditemukan di Pulau Bali bagian barat. Burung yang memiliki bulu berwarna putih dan berjambul ini merupakan salah satu jenis burung pengicau yang memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil.

Saat ini, keberadaan burung jalak Bali sudah sangat memprihatinkan. Populasinya di alam liar diperkirakan hanya tinggal belasan ekor sehingga terancam punah. Apabila tidak dilakukan kegiatan pencegahan, bukan tidak mungkin burung yang kerap dijadikan objek lukisan Bali ini akan punah.

Hotel Oxville Padang memang memiliki fasilitas yang menarik, namun di Bali juga ada banyak jenis hotel yang menawarkan fasilitas yang tidak kalah menarik dan bahkan yang paling mewah sekalipun jika ingin mencoba menikmati keindahan Jalak Bali di wilayah ini.

  • Burung bidadari Halmahera

Burung bidadari merupakan nama salah satu jenis burung yang berada di Halmahera, Maluku Utara. Burung ini merupakan burung endemic yang hanya bisa ditemukan di hutan-hutan di Halmahera. Burung bidadari merupakan jenis burung yang masuk ke dalam keluarga burung cinderawasih. Burung ini kerap dijuluki dengan si genit karena sering menari-nari untuk menarik perhatian pasangannya. Warna  bulunya yang cantik yang membuat burung ini kerap diburu oleh manusia. Akibatnya jumlah burung ini di alam liar sudah sangat memprihatinkan.

Untuk dapat melihat burung ini, kamu bisa mengunjungi Taman Nasional Aketajawe dan hutan Lolobata di Halmahera yang merupakan habitat dari burung ini. Di dunia internasional burung ini disebut dengan Halmahera’s Bird of Paradise.

Sebenarnya masih banyak lagi hewan-hewan khas Indonesia lainnya yang tidak disebutkan,  seperti Elang Flores, anoa, kucing hutan Kalimantan, Ikan Arwana Merah Papua, Elang Bondol, dan masih banyak lagi. Agar  anak cucu kita nanti masih bisa melihat hewan-hewan tersebut, maka kita harus menjaga lingkungan terutama habitat hewan-hewan tersebut agar mereka aman dari kepunahan dan gangguan pemburu liar. Segera cek daftar harga tiket pesawat Lion Air jika ingin menyaksikan keindahan berbagai fauna di berbagai wilayah tersebut secara langsung.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.