Begini Cara Membuat Foto Makro Dengan Kamera Ponsel Pintar

Boleh dibilang bahwa sebagian besar dari kita itu tidak mengetahui, apa yang dimaksud dengan foto makro. Harus kalian catat, foto makro merupakan salah satu teknik fotografi yang dilakukan dari jarak dekat. Tahukah kamu ? bahwa jarak yang dibutuhkan dalam teknik foto makro itu sekitar 2 cm lho. Biasanya, teknik fotografi yang satu ini menggunakan kamera DSLR dengan dukungan lensa khusus yang harganya sangat mahal. Yang jadi pertanyannya, apakah cara buat foto makro dengan smartphone bisa dilakukan ? Maka jawabannya adalah ya, bahwa foto makro itu bisa kita lakukan dengan menggunakan kamera smartphone. Namun dengan catatan, anda harus mengetahui tips dan triknya. Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, berikut dibawah ini ada beberapa cara membuat foto makro dengan kamera ponsel pintar :

  1. Atur Dulu Resolusi Kameranya

Resolusi kamera yang tinggi berfungsi untuk melakukan editing cropping, sehingga gambar yang dihasilkan tidak akan pecah saat dilakukan proses cropp. Dalam hal ini ada baiknya jika anda memilih mode spot, agar pencahayannya lebih terfokus pada objek yang akan dituju. Apabila fitur ini tidak tersedia pada ponsel anda, sebaiknya jangan lakukan mode spot ini.

  1. Dekatkan Kamera Ponsel Pada Objeknya

Cara kedua yang harus anda lakukan dalam membuat foto makro, yakni dekatkan kamera ponsel pada objeknya. Pada dasarnya, anda bisa menggunakan zoom dalam pengambilan gambar objek tersebut. Namun, alangkah baiknya lagi jika anda mendekatkan kamera ponsel pada objeknya dengan jarak 2 cm. Pasalnya, dengan mendekatkan kamera pada objek maka akan menghasilkan gambar yang lebih bagus lagi, ketimbang mengambil gambar dengan cara di zoom.

  1. Pencahayaan

Teknik fotograpi apapun yang akan anda lakukan, pencahayaan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia foto mem-foto. Namun, akan lebih bagus lagi hasilnya jika anda bisa memanfaatkan pencahayaan yang alami.

  1. Gerakan Harus Stabil

Inilah hal yang paling penting dalam menentukan hasil bagus atau tidaknya, saat pengambilan foto dengan teknik makro. Sedikit saja tangan kita goyang, bisa-bisa objek yang kita incar akan meleset. Alhasil, foto makronya pun bisa dikatakan gagal total. Dalam hal ini, anda dituntut untuk bisa mengatur nafas agar gerak tubuh tangannya stabil.

Itulah beberapa cara yang wajib anda coba dalam membuat foto makro dengan kamera smartphone. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk menjadi seorang fotografer sejati.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.