Beberapa Rukun Umroh yang Wajib Dipenuhi

Rukun umroh yang wajib dipenuhi dalam rangkaian kegiatan umroh merupakan rangkaian kegiatan ibadah yang wajib dipenuhi oleh seluruh orang yang sedang menjalani ibadah umroh itu sendiri. Adapun rangkaian rukun umroh itu sendiri telah disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk kemudian dilaksanakan oleh seluruh jamaah Islam yang ingin menyelenggarakan ibadah Umroh.

Rukun umroh ini sendiri bersifat wajib bagi setiap jamaah umroh. Kenapa demikian? Karena sejumlah rangkaian yang menjadi rukun itu sendiri, jika tidak diselenggarakan maka akan menyebabkan tidak diterimanya ibadah umroh yang dilaksanakan oleh seseorang itu sendiri.

Kemudian juga yang terpenting dari menjalankan rukun umroh yang wajib dipenuhi itu sendiri anda pun harus memperhatikan berbagai hal. Selain anda dituntut untuk khusuk, anda pun harus memperhatikan urutan kegiatan tersebut. Seperti apakah urutan dan penjelasan pelaksanaan rukun umroh yang dimaksud? Berikut uraiannya :

Niat

Niat merupakan dasar utama dari setiap ibadah, termasuk pula untuk anda yang ingin umroh. Maka niat umroh ada di awal rangkaian kegiatan. Dimana anda harus berniat menjalankan ibadah umroh semata-mata berharap pada keridho-an Allah SWT.

Ihram

Ihram merupakan pakaian suci yang biasanya digunakan pada saat menyelenggarakan ibadah umroh atau juga ibadah haji. Warna pakaian ihram itu sendiri adalah putih dan dibuat tanpa menggunakan jahitan dari benang. Cara menggunakannya cukup dengan dililitkan ke tubuh.

Sejumlah larangan pun sudah diterapkan mulai proses berpakaian ihram ini sendiri. Mulai dari memotong kuku, rambut, menggaruk kulit sampai terkelupas, mengeluarkan darah, dan juga berhubungan suami isteri dan juga berbagai larangan lainnya yang biasanya akan diberitahu pada saat anda menyelenggarakan manasik.

Tawaf

Tawaf adalah proses ibadah dengan cara mengelilingi kabah sebanyak 7 yang berawal dari Hajar Aswad dan juga berakhir di Hajar Aswad pula. Seperti yang dicontohkan oleh Nabi, proses tawaf ini juga diselenggarakan pada proses ibadah haji dan umroh.

Sa’i

Sa’i merupakan rangkaian ibadah rukun umroh dan haji yang wajib dilaksanakan. Dimana proses Sa’i itu sendiri dilaksanakan dengan berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwah sebanyak 7 kali.

Tahallul

Tahallul adalah mencukur rambut yang ada di kepala. Kegiatan ini dilaksanakan setelah proses sa’i selesai dilaksanakan. Nah, setelah proses ini, maka kegaitan ibadah umroh yang anda selenggarakan pun sudah selesai.

Demikianlah penjelasan mengenai rangkaian rukun umroh yang wajib dipenuhi oleh seluruh jamaah ibadah umroh. Semoga bermanfaat bagi anda dan semoga ibadah kita semua diterima oleh Allah SWT.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.