Awas, Ini Dia Target dari Tim Saber Pungli

Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) akhirnya telah resmi dibuat timnya. Dasar hukum dari pembentukan tim Saber Pungli itu sendiri adalah Perpres Nomor 87 tahun 2016 yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo . Hal ini merupakan salah satu langkah nyata yang dilakukan oleh pemerintah guna memerangi tindak pungli yang selama ini terjadi di berbagai kantor atau organisasi pelayanan masyarakat.

pungliInspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Dwi Prayitno akhirnya ditunjuk sebagai ketua tim pelaksana. Sementara Menko Polhukam, Wiranto berperan sebagai penanggung jawab  pengendalian Satgas.

Wiranto secara khusus menyebutkan kalau tugas dari Tim Saber Pungli ini setidaknya ada 6, dimana keenamnya adalah pokok tugas Saber Pungli. \

“Presiden memberikan satu arahan bahwa pertama kita utamakan hal-hal yang langsung bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Wiranto dalam sambutannya Jumat (21/10).

Dimana yang menjadi tugas utamanya adalah segala hal yang berkaitan dengan pelayanan umum. Kemudian dilanjutkan dengan proses penanganan kasus yang terjadi di peradilan. Dimana keduanya adalah tempat yang sering dijadikan sasaran empuk para pelaku pungli selama ini.

Kemudian berlangsung kepada regulasi yang memang tidak tertata dengan baik selama ini. Keempat mengenai pembenahan manajemen perkara. Kelima penguatan sumber daya manusia dalam hal ini aparat penegak hukum. Terakhir membangun budaya hukum yang bermartabat.

Sementara untuk membuat efek jera sendiri, pihaknya akan segera melakukan sanksi kepada para pelanggarnya. Dimana dari keterangan Jaksa Agung HM Prasetyo disebutkan kalau tersangka setidaknya nanti akan dihukum minimal 4 tahun penjara dengan tuntutan  Pasal 12E no UU 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.